24 Penghuni Baru Kampung Ternak

kampung ternak DD Jateng

Setelah 24 kambing tahap pertama terjual di Idul Adha kemarin, Senin (18/9) Kampung Ternak DD Jateng kehadiran penghuni baru. 24 kambing siap untuk dirawat 8 orang penerima manfaat dari kelompok ternak Tunas Muda.

Rencananya 3-4 bulan sebelum panen kambing-kambing ini akan menjalani masa penggemukan. Ini dilakukan untuk mendapatkan harga jual yang tinggi.

“Alhamdulillah kambing di kampung ternak kini sudah full 24 ekor, tinggal PR kami bisa manjaga aset tersebut hingga bisa di panen kembali 3-4 bulan ke depan”, tambah Isna Irawan, Pendamping Program Kampung Ternak DD Jateng.

Kandang ternak pun sudah dibersihkan dari kotoran-kotoran kambing. Dari kotoran ini sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk, namun kendalanya untuk pupuk dari kambing mesti ada alat penggiling atau pemecah agar butiran kotorannya jadi lembut.

“Kalau sementara ini kotoran-kotoran di tampung disini (kampung ternak -red), dulu rencana mau di ambil pak zaidi, pembicara saat pelatihan budidaya kambing kalau beliau ada pesanan pupuk”, Jelas Isna Irawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *