Bagaimana Memilih Hewan Kurban yang Baik


THK 2018
Sebagai masyarakat muslim, tentu tidak ada salahnya mempersiapkan ibadah kurban yang di lakukan setiap Idul Adha. Semakin maraknya pedagang hewan kurban menjelang momentum Idul Adha bagi sebagian orang awam tentu membuat bingung dalam memilih hewan kurban yang baik. Sebagai ibadah yang dilaksanakan setiap sekali dalam setahun tentu kita menginginkan menjadi sebuah amalan yang terbaik. Nah, bagaimanakah memilih hewan kurban yang baik untuk ibadah terbaik kita?

Petama, hewan yang dikurbankan adalah berupa hewan ternak seperti sapi, kambing, unta, dan sebagainya sesuai yang telah ditentukan. Kedua, hewan yang dikurbankan sudah memenuhi syarat umur. Karena ketentuan setiap jenis hewan ternak yang akan kita kurbankan berbeda-beda. Untuk kambing atau domba adalah berusia satu tahun, sapi atau kerbau dua tahun, dan untuk unta lima tahun.

Ketiga, hewan kurban sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah Ajat Sudrajat, mengatakan bahwa karakter gigi susu kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian adalah besar dan rata. Keempat, hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

Kelima hewan kurban tidak kurus dan cacat (pincang, buta, daun telingan tidak ada). Karena dengan memberikan yang terbaik, tentu kita akan meraih hasil terbaik pula. Keenam, hewan kurban harus dalam keadaan sehat.

Berikut tadi adalah beberapa tips bagaimana memilih hewan kurban yang baik. Semoga bermanfaat.

Mari Membentang Kebaikan Bersama Kurbanesia Dompet Dhuafa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *