Banjir Tertinggi di Daerah Kendal

DD Jateng Respon Banjir Kendal

KENDAL – Jum’at (9/2), sekitar pukul 18.00 WIB terjadi banjir di daerah Kaliwungu, Kendal. Banjir disebabkan oleh tingginya curah hujan, selain itu juga meluapnya air sungai disekitar wilayah Kaliwungu. Beberapa desa yang terdampak banjir di Kaliwungu, antara lain Desa Protomulyo, Desa Magelung, Desa Krajankulon, Desa Kutoarjo, dan Desa Pengayom.

Salah satu desa yang parah akibat banjir adalah di desa Krajankulon, Kendal. Bapak Romadi selaku ketua RT. 04/ RW. 11 menuturkan bahwa ketinggian air pada saat banjir mencapai 1,3 Meter atau setinggi dada orang dewasa. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, dan rumah yang paling parah korban banjir yaitu rumah Bapak Saefuddin dan Bapak Muhammad Sugiarto. Ternak dan barang elektronik warga juga ada yang ikut terhanyut derasnya air serta kendaraan motor juga mengalami kerusakan akibat tingginya banjir.

“Sebenarnya pada tahun 2016 yang lalu juga pernah terjadi banjir, tetapi tidak mencapai 1,3 Meter,tahun ini merupakan banjir yang terparah di lingkungan RT. 02, sekitar 78 KK terkena dampak dan untuk RT. 05 sekitar 15 KK lalu RT. 04 Sekitar 11 KK korbannya”, tambah Bapak Romadi .

Ahad (11/2) pagi, sempat ada kunjungan dari Bupati Kendal beserta rombongan, Polri dan TNI untuk melihat langsung kondisi dan memberikan bantuan berupa makanan.

Banyak masyarakat yang melintas serta orang yang berkunjung ke daerah tersebut, tidak percaya dengan adanya banjir, pasalnya daerah tersebut merupakan dataran tinggi di kendal. Namun, kondisi berangsur-angsur mulai surut pada hari Jum’at (9/2) malam pukul 21.15 WIB.

Dompet Dhuafa Jateng bersama BMT Hudatama, melakukan penyaluran bantuan sembako berupa 150 Kg beras (6 sak), telur10 Kg, minyak goring 10 Liter, air mineral, dan kebutuhan pokok lainnya. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua RT. 04/ RW. 11 di dapur umum yang terletak di Dusun Citran.

Warga setempat yang diwakili Pak Romadi selaku ketua RT, mengucapkan banyak terimakasih kepada tim Dompet Dhuafa Jateng.

“Semoga bantuannya bermanfaat serta menambah keberkahan bagi semua pihak”, ucap Bapak Romadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *