Bantu Ribuan Keluarga Memiliki Jamban Sehat

1

PURWOKERTO-Jasman (55), merupakan warga tidak mampu yang tinggal di Desa Karangcegak, Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Tinggal satu atap dengan istri, Wartinah (49), tiga anak dan menantu serta tiga cucu yang total berjumlah sebelas orang. Penghasilan para kepala keluarga yang tinggal dalam satu rumah ini tidak mencukupi untuk sekadar sehat dan layak.

Penghasilannya sebagai pedagang mie ayam dan warung kecil hanya cukup untuk hidup harian. Belum lagi jeratan hutang. Jangankan memikirkan jamban yang sehat dan layak. Sumur tua yang ditumbuhi rumput liar,air keruh karena tanah mudah logsor kedasar sumur. Belum lagi pembuatan septictank yang dibuat asal. Jasman menuturkan, sudh disurvey beberapa kali entah oleh pihak mana saja, tapi belum ada realisasi.

5

Sahabat baik, sanitasi buruk dapat mengakibatkan banyak penyakit. Diare, typus, dan lainnya. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa sekitar 827 ribu orang di negara berpenghasilan rendah dan menengah meninggal setiap tahunnya karena air, sanitasi, dan kebersihan yang tidak memadai. Angka ini mewakili sekitar 60 persen dari total kematian akibat diare. Mengerikan bukan?

Desa Karangcegak, Kab. Banyumas angka capaian bebas buang air besar sembarangan (BABS) hanya sekitar 53,1% (diolah dari data Puskesmas Tahun 2019). Salah satunya adalah keluarga Jasman. Tinggal dengan belasan anggota keluarga dengan sanitasi yang tidak layak dan sehat.

Melalui program Sedekah Jamban Sehat Komunal, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Purwokerto Dompet Dhuafa Jateng terus mengupayakan bantuan jamban komunal bagi kelompok masyarakat dengan sanitasi buruk.

Sanitasi juga merupakan tujuan nomor 6 pada era Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu untuk memastikan akses universal air bersih dan sanitasi bagi masyarakat. Perwujudan upaya tersebut dilaksanakan melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Program STBM terdiri dari 5 pilar yaitu stop buang air besar sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan makanan dan minuman, pengamanan sampah serta pengamanan limbah cair rumah tangga.

4

Dari kelima pilar tersebut, pilar pertama yaitu Stop BABS merupakan pilar utama yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat, karena masalah tersebut menyangkut masalah kesehatan lingkungan yang akan berdampak luas terhadap kesehatan masyarakat dan juga lingkugan.

Sahabat baik, kami membutuhkan dukunganmu atau komunitasmu untuk membantu ribuan keluarga memiliki jamban sehat.

Sedekah Jamban Sehat:
BNI Syariah 33.11.55.77.29
Mandiri 135.000.999.6875
BCA 009.535.947.2
An Yys Dompet Dhuafa Republika

Informasi & Konfirmasi:
Tlp. (0281) 632543
WA. +62 811-2890-287

*Cantumkan kode unik 20 diakhir nominal donasi contoh Rp.100.020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *