Belajar Sedekah Dari Sosok Juwari

Belajar Sedekah dari Juwari

Mushola Nurul Hidayah di jalan Kebonharjo, Semarang menjadi saksi bisu perjuangan Juwari (54) dalam menyiarkan syiar-syiar Islam. Suara tegas Juwari selalu mengema melalui microphone masjid saat waktu sholat tiba. Setiap harinya beliau dengan ikhlas membersihkan dan meramaikan mushola yang berada di salah satu permukiman padat penduduk di Semarang itu. Alunan bacaan Al-Qur’an juga selalu terdengar dari murid-murid TPA mushola Nurul Hidayah, beliau tidak menarik sepeser rupiahpun, karena beliau tahu kondisi masyarakat kebonharjo yang kebanyakan hidup dibatas ambang kemiskinan. Hanya ridho Allah yang beliau harapkan.

Seperti warga kebonharjo yang lain, Juwari bisa digolongkan kurang mampu dari segi ekonomi. Ia bekerja sebagai tukang jahit rumahan yang penghasilannya tidak menentu. Setiap hari beliau hanya mendapat hasil sebesar 30.000 – 50.000,-. Sedangkan istrinya bekerja sebagai buruh sablon dengan penghasilan perbulan 600.000,-. Walau hidup serba keterbatasan, Juwari enggan terlilit hutang dan memilih hidup seadanya.

Kedua anaknya masih mengenyam pendidikan, anak pertama memperoleh beasiswa kuliah di Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) menginjak semester 5. Sedangkan anak keduanya baru menginjak Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Juwari beserta keluarganya menempati rumah beserta kedua adiknya dirumah milik orang tuanya, sehingga rumah yang ditempati dibagi menjadi 3 bagian. Di tengah kekurangannya tak menghalangi Juwari untuk mengabdi pada masyarakat lewat kegiatan di mushola.

Saat tim Dompet Dhuafa menyambangi rumah beliau untuk menyerahkan hak asnab yaitu fisabilillah, tim sangat terkesan dengan keteguhan dan semangat berbagi dari pak Juwari. Pak Juwari bersedekah dengan ilmu dan tenaga yang beliau miliki, karena menurut beliau menjadi Ahli Sedekah tak harus kaya, tapi yang terpenting keikhlasan dalam memberi kebaikan.

ndak harus jadi kaya untuk jadi ahli sedekah, yang penting kita harus ikhlas dalam melakukan kebaikan, apapun itu” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *