#bukabelenggukemiskinan DD Jateng Berdayakan Kelompok Usaha Az-Zahra

hv

Ramadhan Produktif !

kiranya slogan di atas pantas untuk ibu-ibu kelompok usaha Az-Zahra Kalialang Semarang.

kelompok usaha Az-Zahra adalah salah satu binaan DD Jateng di program ekonomi. Desa Kalialang dikenal sebagai daerah yang rawan akidah di Semarang.

sudah satu tahun belakangan desa ini menjadi desa binaan Dompet Dhuafa Jawa Tengah.

beberapa program pemberdayaan telah terlaksana di sana. sebelumnya telah terbentuk pembinaan rohani melalui majelis ilmuĀ  yang diselenggarakan satu pekan sekali sebagai binaan akidah warga Kalialang.

di awal bulan ramadhan ini, kembali digalakkan pembinaan berupa pembinaan dari sektor ekonomi yakni memberdayakan ibu-ibu warga Kalialang untuk produktif memproduksi snack-snack. sebagai salah satu ikhtiar untuk menambah perekonomian keluarga.

malam tadi (30/5) tim program Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Wahyu mendampingi produksi perdana yang dilakukan oleh ibu-ibu kelompok usaha Az-Zahra.

Pengentasan kemiskinan di Indonesia merupakan sebuah pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya. Ditambah lagi adanya proses pemiskinan yang disebabkan oleh dinamika perekonomian negara. Kantong-kantong kemiskinan kini bukan lagi berpusat di desa-desa. Namun juga mulai menyebar di daerah perkotaan. Peliknya permasalahan ini membuat kondisi dimana semua elemen masyarakat harus terlibat dalam usaha ini. Pengentasan kemiskinan menjelma menjadi sebuah permasalahan yang bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi semua bangsa.

Umat Islam, sebagai mayoritas penduduk Indonesia juga memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah ini. Bukan hanya sebagai bentuk tanggung jawab sebagai sebuah bangsa. Tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab agen-agen kebaikan Islam. Zakat merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk berkontrubusi mengentaskan kemiskinan.

Kondisi kemiskinan yang membelenggu banyak penduduk Indonesia dewasa ini begitu kompleks. Sehingga dibutuhkan cara penanggulangan yang bukan hanya sekedar menyantuni. Tetapi juga membantu secara holistik. Oleh karena Dompet Dhuafa Jawa Tengah mencoba ikut serta gerakan #bukabelenggukemiskinan melalui program-program pemberdayaan ekonomi yang dilakukan di desa Kalialang Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *