Cara Kreatif MI Hasanuddin Menyemarakkan Gerakan Semarang Membaca

Bulan Literasi SLI adakan kegiatan kreatif

September telah ditetapkan UNESCO sebagai  bulan literasi yang dideklarasikan pada tanggal 8 September. Memperingati Bulan Literasi tersebut, Dinas Pendidikan Kota Semarang melalui lembaga-lembaga Pendidikan mengajak seluruh warga sekolah dan masyarakat terlibat aktif dalam kegiatan “Semarang Membaca” yang dilaksanakan serentak hari Rabu, 26 September 2018 berlangsung pukul 09.00-10.00 WIB.

Menyambut gembira imbauan tersebut Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hasanuddin di Kecamatan Semarang Utara menindaklanjuti usulan Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (Kawan SLI) hari ini melasanakannya dengan cara kreatif, selian aktivitas membaca buku oleh guru dan siswa, dihadirkan pula panitia khusus, yaitu melibatkan siswa-siswi sebagai “Relawan Semarang Membaca MI Hasanuddin” yang menjajakan kerdus berisi buku pinjaman untuk menjangkau lebih luas, sasarannya adalah orang tua siswa maupun pedagang kaki lima yang mengais rezeki di sekitar lingkungan sekolah sebagai sarana bacaan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut Bu Rukmini, Kepala Madrasah MI Hasanuddin mengungkapkan bahwa kegiatan kreatif seperti ini harus sering dilakukan untuk memupuk minat membaca siswa maupun masyarakat.

“Membaca belum dianggap sesuatu yang penting dimasyarakat, terutama adanya gadget semakin menepikan ketertarikan terhadap buku, padahal seperti pepatah yang masyur kita dengar, ‘Siapa yang menguasai informasi, dialah yang akan menguasai dunia’. Sehingga saya sangat mendukung gerakan ini, semoga dapat menanamkan budaya membaca yang dengannya kita akan perolah banyak informasi”, tambahnya.

*Penulis adalah Konsulan Relawan Sekolah Literasi Indonesia, Divisi Jaringan Sekolah Indoneisa, Lembaga Dompet Dhuafa: Luthfia Azmi O. Nasution dan Maria Ulfah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *