Catatan Amil: Bantu Perbaiki Rumah Mbah Rujiyem

Cerita Amil:

Ditulis Oleh: Isna Irawan – Pendamping Program Dompet Dhuafa (DD) Jateng

Nama aslinya mbah Rujiyem, namun orang orang disekitarnya lebih mengenalnya dengan sebutan mbah Gumono. Kini usia beliau sudah lebih dari 68 tahun.

Beliau tinggal bersama 2 orang cucu perempuannya. Mbah Rujiyem tidak punya pilihan lagi selain harus menempati tempat tinggalnya yang dibangun bersama almarhum suaminya lebih dari 30 tahun yang lalu. Saat ini, rumah itu tak lagi layak huni, tiap kali gerimis datang, seisi penghuni rumah cemas lantaran mereka pasti tak akan istirahat dengan tenang. Air hujan yang masuk ke rumah bukan hanya sebatas tetesan, namun kerap kali membuat genangan di dalam rumah mereka.

Saat kami hadir raut muka berharap sungguh terlihat dari wajah-wajah mereka, terlebih mbah Rujiyem yang terlihat jelas kebahagiaannya. Harapan akan datangnya tangan-tangan dermawan yang bisa membantu menyelesaikan persoalan yang sudah sangat lama harus mereka rasakan.

“Mbah sudah lama tinggal di sini. Dulu suami saya bangun rumah ini sekitar 30 tahun yang lalu. Sekarang ya seperti ini kondisinya, bocor dimana-mana”, jelas mbah Rujiyem.

Alhamdulillah rumah mbah Rujiyem menjadi salah satu target penerima manfaat program Rumah Tumbuh. Hal ini juga tidak lepas dari bantuan tangan para dermawan, terlebih rumahnya dibangun juga dari hasil kerjasama dengan Dompet Dhuafa Australia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *