DD JATENG SALURKAN BANTUAN UNTUK BANJIR KENJURAN

ddjateng-bantu-kenjuran

Banjir Kendal

Masih hangat dalam ingatan kita tentang banjir bandang di Dusun Kenjuran masuk ke wilayah Desa Purwosari Kec Sukorejo Kab Kendal. Dusun yang terletak dilereng Gunung Prau ini memiliki akses transportasi yang susah karna parahnya jalanan yang rusak.

Banjir bandang terjadi pada hari Ahad tanggal 26 februari 2017 pukul 16.00 WIB. Curah hujan yang tinggi selama tiga hari mengakibatkan air bah datang dengan cepat sehingga 3 rumah hanyut tanpa sisa, 13 rumah rusak sedang dan 5 rumah rusak ringan. Kejadian tersebut juga menyebabkan warga kehilangan pekerjaan dikarenakan hewan ternak warga banyak yang hanyut dan mati.

300 jiwa akhirnya terpaksa mengungsi di beberapa titik pengungsian. 100 diantaranya adalah pengungsi anak dan 50 jiwa lainnya adalah pengungsi lansia. Selain itu ada 40 ekor kambing hasil ternak warga yang ikut hilang dan hanyut.

Meski sudah beberapa pekan banjir bandang sudah berlalu, namun beberapa pengungsi masih banyak yang mengalami trauma untuk pulang kerumah dikarenakan rumahnya berdekatan dengan kali mati yang mengalami banjir bandang.

Ahad (12/3) DD Jateng melalui mitra THK yang berdomisili di daerah Kendal menyalurkan bantuan berupa alat tulis dan tas sejumlah 100 paket. Bersama dengan penyaluran tersebut juga dilakukan acara tebar Aqiqah untuk masyarakat yang terdampak banjir.

“pada survey awal kita mendapat rekomendasi bantuan bermacam-macam, salah satunya adalah alat sekolah untuk anak-anak yang hanyut pada saat banjir bandang beberapa pecan lalu. Ini juga menjadi alasan DD Jateng menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sekolah. Penyaluran ini sekaligus sebagai trauma healing untuk anak-anak di Dusun Kenjuran yang terdampak banjir bandang”, jelas Wahyu Setiawan manajer Program DD Jateng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *