Demi Menuntut Ilmu Indah Rela Bergantian Seragam dengan Adiknya

Demi Menuntut Ilmu Indah Rela Bergantian Seragam dengan Adiknya.

Indah Ariyanti (11) salah siswa kelas 5 SD di MI Hasanudin, Semarang Utara yang sangat semangat saat bersekolah. Indah merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Adik pertamanya bernama Kurnia Dwi Wicaksono yang saat ini duduk dibangku kelas 3 SD di MI Hasanudin bersama dengan dirinya. Sementara adik keduanya saat ini masih balita.

Saat ini Indah beserta keluarganya tinggal di Kampung Tambak Bandarharjo, Semarang Utara. Rumah yang ia tempati begitu kecil, ruang tamu yang bersebelahan dengan kamar mandi itupun jadi satu dengan tempat pembuangan sampah, serta kamar tidur yang ditempati oleh Indah, ibu dan adik balitanya. Ayah dan adik pertamanya sendiri tidur di depan ruang tamu. Satu kamar tidur yang ditempati tiga orang, sedangkan anak laki-laki dan bapaknya tidur di ruang tamu.

Ayah Indah bekerja sebagai nelayan, namun tak setiap hari pula ia dapat bekerja. Apalagi pada saat musim penghujan seperti ini, ombak yang deras serta angin yang kencang terkadang mengganggu aktivitasnya untuk bekerja. Penghasilannya pun hanya cukup untuk makan, belum lagi untuk kebutuhan lainnya. Oleh karena itu ibunya turut membantu mencari penghasilan lain dengan bekerja sebagai pedagang keliling.

Ibu Indah berjualan pepes pindang dan gorengan yang diambil dari salah satu warga, kemudian dijual kembali oleh ibunya. Penghasilan setiap harinya hanya mendapat untung 5.000 hingga 20.000 rupiah. Ironisnya lagi, Indah ternyata membantu ibunya berjualan ketika ia harus bergantian dengan adiknya untuk bersekolah.

Indah dan sang adik memang selalu bergantian untuk berangkat sekolah. Kondisi mereka yang hanya memiliki satu seragam mengharuskan mereka melakukan itu. Indah yang punya cita-cita untuk membahagiakan ibu serta keluarganya tidak masalah melakukan hal tersebut bersama adiknya.

Kondisi Indah dan adiknya sebenarnya sudah diketahui oleh pihak sekolah. Namun pihak sekolah hanya bisa membiarkan Indah dan Adiknya harus bergantian masuk sekolah. Pihak sekolah tahu benar bagaimana kondisi keluarga Indah yang begitu memprihatinkan. Sebenarnya prestasi akademik Indah tidak cukup bagus, namun semangatnya untuk terus bersekolah dan belajar menjadi salah satu hal yang pantas diapresiasi.

“Saya ingin membahagiakan Ibu dan keluarga. Saya juga ingin membuatkan rumah untuk Ibu dan Bapak. Itulah kenapa saya tetap ingin bersekolah”, ucapnya menceritakan harapan kecilnya.

Kini Indah dan sang adik tidak perlu bergantian seragam lagi. Alhamdulillah dari tangan-tangan orang baik yang menitipkan amanahnya melalui DD Jateng Indah dan sang adik bisa memiliki seragam baru. Bahkan melalui program Beasiswa Inspiratif kini Ibu Indah juga tidak perlu memikirkan lagi bagaimana biaya sekolah Indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *