Derita Penyakit Langka, Nizam Membutuhkan Bantuan

d891a95f-07d9-4fa5-ab9b-0f2bc3b68083

Purwokerto- Mokhamad Khoerun Nizam atau Nizam (8) biasa dipanggil hanya bisa berbaring lemah. Berat badannya hanya 14kg. Ketika tubuh tipisnya pindahkan oleh ayahnya ke armada Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jateng, Nizam menjerit kesakitan. Semua anggota badannya sakit jika disentuh. Malam ini, Kamis (7/5) Nizam berangkat ke RS Sardjito Yogyakarta untuk menjalani pengobatan lanjutan.

Sudah beberapa bulan bocah yang sempat sekolah hingga kelas dua SD ini hanya berbaring di kamar sempit yang berdinding anyaman bambu. Ditemani TV tabung, hari-hari dilalui dengan sedikit asupan yang masuk. Itupun hanya susu. Menurut dokter, Nizam menderita anemia aplastik, salah satu penyakit langka akibat kelainan pada sumsum tulang. Akibatnya, organ tersebut tidak dapat menghasilkan cukup sel darah, baik itu sel darah merah, sel darah putih, trombosit, atau sekaligus ketiganya.

Kondisi Nizam bisa berbahaya apabila jumlah darah yang berkurang sangat banyak dan tidak mendapatkan pengobatan segera. Namun, ditengah pandemi covid 19 seperti sekarang, keluarga Nizam, kesulitan mencari bantuan transportasi. Ambulan gratis yang biasanya banyak beredar, menutup layanannya sementara waktu. Hingga akhirnya Nizam mendapatkan kontak layananan ambulan Dompet Dhuafa Purwokerto dari salah satu relawan didesanya.

Kasus Nizam tergolong langka di Indonesia karena tercatat kurang dari 15 ribu kasus per tahun. Orangtua Nizam, Sukur dan Tusirah bekerja sebagai buruh pembuatan polibag bibit tanaman. Keluarga Nizam sementara ini masih menumpang pada kediaman neneknya di Desa Dawuhan Wetan, Kec. Kedungbanteng, Kab. Banyumas, Jateng

Ditengah pandemi seperti sekarang ini, layanan armada ambulans LKC Dompet Dhuafa masih memberikan pelayanan pada pasien-pasien dampingan yang rutin dan darurat seperti kasus Nizam. Tentunya dengan melakukan protokol kewaspadaan covid 19 yang ketat.

Bulan ramadhan, layanan rutin/reguler bahkan dimajukan jam layanannya, lepas sahur driver sudah bergegas menjemput hingga pelosok. Satu persatu mereka dicek suhu dengan thermo scanner, dibagikan masker, dan mencuci tangan dengan antiseptic yang sudah disiapkan.

Melengkapi kebaikan dan keberkahan ramadhan ini, Anda juga dapat berbagi untuk pasien-pasien yang membutuhkan bantuan transportasi, bahan habis pakai, makanan pendamping, konsumsi selama di RS serta kebutuhan darurat lainya. Hubungi nomor layanan center berikut ini 011-2890-287. Jadikan setiap putaran roda armada ini adalah ladang sedekah kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *