Grand Opening Majelis Ilmu DD Jateng

4fd1c082-311a-4faf-8009-67fe59a933a0

Grand Opening Majelis Ilmu DD Jateng

Semarang, (6/4) Pembukaan pengajian pekanan di dusun Kalialang Gunung Pati Semarang tengah berlangsung. Acara ini merupakan salah satu dari serangakaian program Dompet Dhuafa Jawa Tengah yakni “Masyarakat Binaan”. Dimulai pukul 16.30 WIB acara tersebut dihadiri oleh 27 jamaah, di mana jamaah tersebut adalah warga binaan DD Jateng.

Majelis Ilmu DD Jateng merupakan follow up dari serangakain acara sebelumnya yang telah berlangsung yaitu 3 kali Tabligh Akbar dan Rumah Tumbuh (bedah rumah). Acara dipimpin langsung oleh pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah yaitu Imam Baihaqi. Dalam sambutanya, Imam menuturkan bahwa ini adalah langkah awal berdirinya majelis ilmu di desa binaan ini. Ke depanya majelis ilmu yang berisi kajian-kajian Islam ini akan terlaksana rutin setiap hari kamis di tempat yang sama, yaitu di masjid Al-Falah Dusun Kalialang Gunung Pati Semarang.

Adanya majlis ilmu, merupakan salah satu dari empat pilar Masyarakat Binaan DD Jateng yaitu pilar keagaaman, membina masyarakat Kalialang agar lebih dalam pengetahuan agamannya. Kedua, pilar ekonomi, terdapat binaan bagi para ibu-ibu yang berpotensi untuk menjadi pengrajin rumahan (UMKM) agar menjadi keluarga yang mandiri. Ketiga, dari segi sosial kemanusiaan, terdapat bantuan baik berupa bantuan langsung tunai (konsumtif) atau berupa bedah rumah. keempat adalah pilar Pendidikan, yaitu binaan dalam bentuk beasiswa pendidikan bagi anak-anak sekolah dasar hingga menengah, terdapat juga beasiswa etos yaitu beasiswa pendidikan bagi mahasiswa.

Kehadiran DD Jateng menuai respon positif oleh masyarakat Kalialang. Rini (27) warga Kalialang Rt 09 menyatakan sangat senang dengan kedatangan DD Jateng dan berbagai program binaanya yang sangat memberi perubahan banyak terhadap desanya itu “kami sangat senang, dengan adanya DD Jateng ini kami dapat lebih mengenal agama islam, saya juga termasuk salah satu yang mendapatkan bantuan bedah rumah dan ini masih menunggu giliran. Kami sudah tidak takut lagi oleh kedatangan kristianisasi yang mengancam anak anak kami, dengan kehadiran DD Jateng, kami bisa lebih faham agama Islam dan dapat membentengi iman kami juga anak-anak kami”  ujar Rini. Ke depanya Rini berharap program binaan DD Jateng ini terus berlangsung hingga desa Kalialang ini masyarakatnya tidak terdapat mustahik lagi, “artinya dengan adanya binaan DD Jateng ini, kami dapat berubah yang awalnya dibantu, nantinya kami gantian membantu” tegasnya.

Acara berlangsung hingga pukul 17.00 dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *