HKN 2018: Aksi Layanan Sehat di Watuagung

ALS LKC Jateng  Watuagung

PURWOKERTO- Sabtu (17/11) Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan (HMJK) Unsoed Purwokerto bekerja sama dengan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa (DD) Jateng mengadakan kegiatan bakti sosial.

Bertempat di Desa Watuagung adalah desa di kecamatan Tambak, Banyumas. Desa ini merupakan desa paling utara di kecamatan Tambak yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen di sepanjang batas sebelah Timur dan Kabupaten Banjarnegara disebelah Utara.

Berdasarkan arahan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Banyumas, Watuagung adalah salah satu desa yang masih membutuhkan bantuan dan pendampingan. Banyak rumah-rumah warga yang belum memiliki jamban, perilaku masyarakat yang belum sadar akan pentingnya jamban sehat pun menjadi PR tersendiri. Beberapa warga juga mengaku kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan. Selain karena lokasinya yang jauh juga karena terbatasnya sarana transportasi yang dimiliki.

Masih dalam rangkaian perayaan Hari Kesehatan Nasional 2018, beberapa layanan kesehatan yang bersifat pereventif, promotif dan kuratif diberikan secara cuma-cuma. Kegiatan tersebut antara lain pendidikan kesehatan tentang jamban sehat, senam bersama, games dan perlombaan untuk anak desa, serta pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk masyarakat umum.

dr. Asti menyampaikan dari 98 warga yang menerima manfaat layanan kesehatan, sebagian besar menderita penyakit Hipertensi, nyeri tulang dan persendian (Myalgia, Arthralgia, Rheumatic dan Osteoarthritis).

“Karena kebanyakan masyarakat di sini masih belum sadar akan pentingnya menjaga kesehatan bahkan di beberapa rumah masih didapatkan kondisi jamban yang tidak sehat, sebagian besar warga disini┬ámenderita penyakit Hipertensi, nyeri tulang dan persendian” tambah beliau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *