Penandatanganan Kerjasama RS Islam Purwokerto dan Dompet Dhuafa Jawa Tengah

Penandatanganan kerjasama LKC dan RSI Purwokerto

Ikhtiar menyehatkan dan melayani semua lapisan masyarakat masih menjadi salah satu isu kesehatan di Indonesia. Tidak semua masyarakat dapat terlayani dengan adanya jaring Jaminan Kesehatan Nasional.

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Purwokerto hadir sejak tahun 2011 dengan fokus pelayanan masyarakat dhuafa dalam program kesehatan baik kuratif, promotif, dan rehabilitatif. Gaung ini bersambut di kota Purwokerto Kab. Banyumas. RS Islam Purwokerto pun memiliki misi yang sama, selain sebagai RS yang didalamnya ada usaha mencapai ”profit”, tapi juga menguatkan sisi kemanusiaan dan sosial terutama kepada masyarakat miskin.

Dalam rangka komitmen membangun masyarakat yang lebih sehat, Dompet Dhuafa Jateng dan Rumah Sakit Islam Purwokerto melakukan penandatanganan kerjasama “Sinergi Menguatkan dan Meluaskan Manfaat”. Tujuannya satu, melayani dan memberi kontribusi dalam menyehatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa pandang bulu. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (NKN) ke 54 Tahun 2018 (12/11), komitmen ini dibangun bersama antar RS Islam Purwokerto dan Dompet Dhuafa Jateng.

Selain penguatan kerjasama layanan kesehatan program kuratif (terutama rujukan bagi masyarakat miskin tanpa jaminan kesehatan), upaya promotif-preventif, kerjasama juga dikuatkan dan diperluas untuk program layanan ambulans (hibah armada ambulans dari RSI-DD) serta Program Peduli Tunarungu Indonesia dan Poli THT RS Islam Purwokerto.

dr. M. Hidayat Budi K, M.Si.Med., Sp.B., FinaCS, Direktur RS Islam Purwokerto mengatakan, ikhtiar melayani segenap lapisan masyarakat menjadi ikhtiar bersama. Pun dalam hal ini RS Islam Purwokerto berharap melalui kerjasama ini akan terbangun pelayanan kepada semua, terutama masyarakat miskin yang tidak memiliki jaminan kesehatan apapun. Selain itu, dengan kerjasama ini RS Islam memiliki peran lebih dalam upaya pembangunan upaya promotif-preventif-rehabilitatif.

“Kita punya sumberdaya untuk melakukan itu semua, dan DD memiliki basis masa para dhuafa”, tambahnya.

Menyambut baik kerjasama ini, Satria Nova, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jateng mengapresiasi RS Islam Purwokerto yang memiliki komitmen yang sama dalam pelayanan dan program yang lebih luas untuk kebermanfaatan bagi masyarakat dhuafa dalam hal kesehatan.

Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan dalam upaya membangun masyarakat indonesia sehat. semoga sinergi ini juga mampu mendorong mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Banyumas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *