Instalasi Air Bersih Desa Kaliwangi, Purwojati, Banyumas.

Banyumas. Kemarau yang berkepanjangan menimbulkan beberapa masalah yang harus dihadapi bersama. Diantara masalahyang sekarang ini harus dihadapi adalah kekeringan dan bencana asap yang sudah menyusahkan banyak orang.

Di Banyumas, data dari BPBD Banyumas, sampai saat ini ada 48 desa di 17 kecamatan yang mengalami kekeringan. Bahkan beberapa desa di kaki Gunung Slamet pun turut mengalami kekeringan akibat kemarau panjang ini. Yang lebih ironis beberapa sungai yang melintasi beberapa kecamatan di Kabupaten Banyumas saat ini sudah kering dan beralih fungsi menjadi jalan alternatif.

Tak jauh beda dengan yang dialami warga desa Kaliwangi, Kec. Purwojati, Kab. Banyumas. Warga desa ini juga mengalami dampak kekeringan dengan mengeringnya sumber-sumber air yang biasanya digunakan oleh warga untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Karena kekeringan warga harus mengambil air di sumber mata air yang digali di lembah bukit yang berlokasi di ujung kampong.  Dengan membawa ember dan harus berjalan kaki ratusan meter, warga baru bisa sampai di sumber mata air tersebut dan memperoleh air bersih yang akan dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Mengetahui kondisi yang demikian ini maka Tim DMC Dompet Dhuafa bersinergi dengan Dompet Dhuafa Jawa Tengah Layanan Purwokerto berinisiatif membangun instalasi air bersih yang dapat dipergunakan untuk keperluan semua warga. Pada tanggal 19 September 2015, pembangunan instalasi air bersih tersebut mulai dikerjakan secara gotong royong oleh warga. Instalasi Air Bersih tersebut terdiri dari pompa air, insltalasi listrik penunjang, pemipaan, dan juga disertai bak penampungan air bersih. Untuk mengalirkan air dari sumbernya menuju bak penampungan dibutuhkan pemipaan lebih dari 100 meter.

Tanggal 20 Oktober 2015, pengerjaan instalasi air bersih ini rampung dan bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan semua warga. Sekarang ini warga tidak perlu berlajan jauh lagi untuk mendapatkan air bersih.

P1000345

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *