Jawa Tengah Kekeringan, Dompet Dhuafa Bersama PBMTI Salurkan Air Bersih di Beberapa Titik

Dompet Dhuafa dan PBMTI salurkan Air Bersih

Sudah beberapa minggu terakhir ini, kemarau mulai menyelimuti wilayah Sragen Utara khususnya Desa Gebang Kecamatan Sukudono, Desa Ngargotirto Kecamatan Sumberlawang dan Desa Banyuurip Kecamatan Jenar. Selain Sragen, Wonogiri juga terkena dampaknya. Sejumlah desa yang mengalami kekeringan berada di wilayah Selatan Wonogiri Kota, yaitu Kecamatan Giritontro, Pracimantoro, Paranggupito, Manyaran, Eromoko, Nguntoronadi, dan Giriwoyo.

Kamis (19/07) lalu DD bersama dengan KSPPS BMT Muamalat, Wonogiri menyalurkan bantuan 8 tangki air bersih di Dusun Ngejring, Dusun Tlogokajang, Dusun Puring, Dusun Gendayakan, Dusun Ngledok, Dusun Blimbing, Dusun Pucung, Dusun Sumur, Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Sebanyak 567 KK telah mendapat bantuan tersebut.

Hari berikutnya, Jumat (20/07) Dompet Dhuafa (DD) bersama dengan KSPPS BMT Hira, Sragen menyalurkan bantuan 6 tangki air bersih di Desa Katelan dan Desa Bugel, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen. Sebanyak 42 RT atau 154 KK telah mendapat bantuan tersebut.

Pekan ini, (25/07) pada tahap kedua DD bersama dengan BMT AUM dan BMT Dirgantara melakukan dropping air bersih di Dusun Glagahombo, Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro. Tidak hanya dropping air bersih, kami pun melakukan Aksi Layanan Sehat dan Bakti Sosial bagi masyarakat di dusun tersebut.

Selama ini Dusun Glagahombo selalu menggantungkan sumber air dari air hujan. Sedangkan intensitas turun hujan beberapa bulan terakhir ini tidak kunjung datang. Air hujan pun sangat tidak sehat untuk warga, apalagi jika digunakan untuk memasak hingga diminum sekalipun banyak bakteri-bakteri yang terdapat dari air hujan tersebut. Sehingga efek bagi kesehatan kedepanpun sangat kurang baik.

Pada hari yang sama, kami menyalurkan bantuan air bersih tahap kedua di Dusun Salam, Dusun Padas dan Dusun Bendorejo, Desa Srawung serta Dusun Bulak, Desa Slendro Kecamatan Gesi. Sebanyak 138 KK mendapat bantuan air bersih tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *