Jika Bisa Hidup Lagi, yang Meninggal Ingin Bersedekah

Jika Bisa Hidup Lagi, yang Meninggal Ingin Bersedekah

Ketika sudah meninggal, maka hilanglah kesempatan untuk bisa beribadah lagi. Batas waktu yang diberikan Allah kepada manusia untuk melaksanakan amal shalih adalah hingga kematiannya. Setelah itu, tinggal perhitungannya saja. Jika bekal yang dikumpulkannya cukup, tentu ia akan selamat. Namun jika kurang, ia akan merugi.

Setelah kematian tak ada lagi kesempatan. Meskipun si mayit memohon, menangis, meminta dan meratap, tak akan pernah dikabulkan. Kondisi mereka digambarkan di dalam Al-Qur’an surat Al Mukminun 99-100. “Hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan.”

Maka sebagai seorang yang beriman, hendaknya kita memanfaatkan kesempatan yang Allah berikut semasa hidup ini sebaik mungkin dengan memperbanyak amal shalih dan menjauhi maksiat.

Ada hal menarik dari orang-orang yang sudah meninggal ini ketika seandainya mereka bisa kembali ke dunia. Kondisi menarik ini bisa dilihat di dalam surat Al Munafiqun ayat 10: “Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.”

Kenapa mereka ketika misalnya bisa hidup kembali atau tertunda kematiannya ingin bersedekah? Kenapa tidak shalat, haji, membaca Al-Qu’ran ataupun perbuatan baik lainnya?

Menurut para ulama, hal ini karena si mayit melihat besarnya pahala dan keutamaan sedekah setelah meninggal. Maka mari kita yang masih hidup, untuk mempersiapkan diri dengan memperbanyak sedekah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *