Kampung Ternak: Studi Lapangan untuk Tingkatkan Kemandirian Peternak

Studi Lapangan Kampung Ternak

Semarang – Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan praktis tentang peternakan kambing dan domba anggota kelompok Kampung Ternak Dompet Dhuafa, hari Ahad, 27 Mei 2018 Dompet Dhuafa Jawa Tengah mengadakan studi lapangan di daerah Getasan, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Boyolali.

Rombongan yang terdiri dari 16 peternak kambing binaan Dompet Dhuafa dan 1 orang pendamping program mengadakan kunjungan ke 3 lokasi dalam studi lapangan tersebut. Sesi pertama rombongan dibekali dengan materi terkait budidaya kambing secara umum, teknis pemeliharaan hingga kiat-kiat mengatasi permasalahan yang kerap terjadi di peternakan kambing pada umumnya seperti penyakit, reproduksi, pakan dan lain-lain oleh Drh. Mukhlas Yasi Alamsyah.

Pada sesi ke dua rombongan menuju pabrik pakan di Koperasi Andini Luhur, Getasan untuk belajar mengenai urgensi pakan bagi ternak terutama kambing dan domba. Bersama Bapak Seno Ari Widodo, peternak belajar mengenai pentingnya hijauan dan jenis-jenis pakan tambahan dan hijauan yang bagus pagi ternak kambing dan domba. Selain itu, beberapa anggota diperbolehkan mengambil bibit hijauan yang tersedia di Koperasi Andini Luhur tersebut.

“Peternak yang bisa memiliki kemandirian pakan, dia yang akan bertahan dari banyaknya peternak-peternak lainnya,”ujar pak Seno.

Pada kesempatan terakhir, anggota kelompok Kampung Ternak Dompet Dhuafa berkunjung ke peternakan kambing dan domba di peternakan Lestari Jaya Farm milik bapak Heri Kurniawan. Kesempatan itu anggota belajar mengenai teknis budidaya dan pemasaran ternak yang dilakukan di Peternakan Lestari Jaya Farm. Peternakan dengan kapasitas kambing dan domba lebih dari 500 ekor ini membuka wawasan bagi anggota kelompok bahwa peternakan merupakan bentuk usaha yang sangat menjanjikan.

Perlu diketahui bahwa Kampung Ternak merupakan program dari Dompet Dhuafa Jawa Tengah yang berada di Dukuh Gedungan, Karang Malang, Mijen, Kota Semarang. Penerima manfaat sebanyak 16 orang pada program tersebut, saat ini memelihara ternak kambing sebanyak 64 ekor sebagai sarana bagi mereka untuk memperbaiki perekonomian masyarakat disana. Semoga program studi lapangan tersebut bisa menjadi sarana bagi peternak binaan Dompet Dhuafa Jawa Tengah untuk mengoptimalkan program Kampung Ternak tersebut. aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *