Kenalkan Literasi pada Masyarakat melalui Pesantren Literasi

Penatren Literasi Dompet Dhuafa Jateng

Pesantren Literasi (sanrasi), merupakan program khas ramadan, diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa Pendidikan, dengan tujuan mengenalkan empat kemampuan literasi dasar pada masyarakat (khususnya pada anak-anak). .

Keterbatasan SDM untuk mengontrol enam sekolah bersamaan, memunculkan ide agar Kawan SLI melibatkan 12 Relawan yang difasilitasi olah DD Jateng, berkolaborasi dengan guru panitia kegiatan Sanrasi, untuk menyukseskan kegiatan di masing-masing sekolah tersebut. .

Kegiatan dilaksanakan serentak oleh enam Madrasah Ibtidaiyah yang tersebar di tiga kecamatan yaitu, Semarang Barat, Semarang Utara, dan Genuk. Berlangsung pada hari Senin-Rabu, 27-29 Mei 2019, pukul 07.00-11.00 wib. .

Rangkaian kegiatannya berupa salat Duha bersama, asiknya membaca (guru membawakan aktivitas membaca lantang dan bersama), cerita seru (siswa menyeritakan kembali), outbond literasi (tusuk balon, memancing ikan, menyusun puzzle, dan mencari harta karun), kegiatan diakhiri dengan menulis diary ramadan. Kesemua dilakukan dengan gembira dan sarat makna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *