Kesempatan Kedua Tursinah

tursinah

Tursinah (41), salah satu Penerima Manfaat (PM) di program Kebun Sayur Asparagus (KSA) Wonosobo dengan semangat yang membara serta senantiasa berkorban untuk kemajuan kelompok tani yang dinamai “Berkah Subur Mulia”. Sedari muda beliau memang sangat aktif membantu keluarga dalam mencari nafkah.

Menikah di usia muda, Tursinah diberkahi 2 orang anak yang menjadi penyemangat hidupnya dikala ujian hidup datang silih berganti. Mengerti bahwa penghasilan sang suami tidaklah seberapa, Tursinah sempat membuka jasa mencuci karpet, bersih-bersih rumah maupun menyetrika baju milik tetangganya.

Pada bulan kedua program KSA dijalankan, Tursinah sempat tak yakin dan memilih mengundurkan diri sebagai salah satu penerima manfaat. Kini dengan kesempatan kedua yang beliau pegang, Tursinah memberikan kontributif aktif dan pengorbanan yang tulus akan kemajuan kelompok Berkah Subur Mulia dan tentunya keberhasilan program Kebun Sayur Asparagus. Keluarga menjadi salah satu motivasi bagi Tursinah untuk tak kenal lelah pergi ke ladang dan menambah pengalaman dalam bertani.

“Saya akan bergabung kembali di kelompok Berkah Subur Mulia ini dan semampu saya akan mengikuti program Kebun Sayur Asparagus” tekad kuat Tursinah yang ia sampaikan kepada pendamping program KSA.

Tursinah merasakan perubahan saat ia di berikan kesempatan kedua untuk bergabung di program KSA. Selain karena ia bisa membatu sang suami dalam mencari nafkah, Tursinah juga senang bertemu teman-teman di ladang yang saling memotivasi untuk sama-sama menumbuhkan program KSA

Kini meski baru panen, hasil dari program Kebun Sayur Asparagus sudah bisa membuat Tursinah dan anggota kelompok lainnya tersenyum dan tentu merubah ekonomi mereka beserta keluarga.

Tursinah dengan semangatnya ini #BerawalDariZakatAnda yang juga menjadikan lahirnya program Kebun Sayur Asparagus dan program pemberdayaan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *