Kunjungi Okiagaru Farming KSA Siap Hasilkan Asparagus Terbaik

Kunjungi Okiagaru Farming KSA Siap Hasilkan Asparagus Terbaik

Udara pagi Jawa Barat menyambut rombongan peserta pelatihan asparagus yang meliputi 2 orang perwakilan Dompet dhuafa Jawa Tengah, 6 orang BMT, 1 orang PBMTI, 8 Orang Penerima Manfaat (PM), 1 orang pendamping PM dan 1 orang tokoh masyarakat Desa Mlandi. Rombongan tiba di Basecamp Okiagaru Farming pukul 07.30 WIB, disambut dengan suguhan khas Jawa Barat berupa teh hangat, kopi, rebusan kacang tanah dan buah pisang. Sebelum dimulainya pelatihan panitia membagikan panduan budidaya asparagus sebagai bekal materi presentasi yang akan disampaikan oleh pak Yuki Aramdhani dari Okiagaru (28/3).

Beberapa hal yang disampaikan oleh pak Yuki yaitu habitat tanaman asparagus yang berasal dari dataran Mediterania di Eropa Selatan dengan jenis-jenis asparagus seperti asparagus hijau, putih dan ungu, adapun yang paling banyak dikonsumsi yaitu asparagus hijau. Pengalaman beliau ketika budidaya asparagus di Jepang dan di Indonesia, dengan perbedaan yang mendasarnya yaitu iklim di Jepang yang subtropics dan Indonesia yang tropis, memberikan beberapa kelebihan dan rekayasa lingkungan asparagus di Indonesia.

Peserta pelatihan sangat antusias menyimak pemaparan dari pak Yuki saat melakukan simulasi penanaman di lahan asparagus. Ada 2 sistem penanaman yang dilakukan yaitu satu baris dan dua baris tanaman asparagus tiap bedengan, adapun potensi hasil yang didapatkan hampir sama, meskipun ada perbedaan pemeliharaan. Peserta langsung mempraktekan penanaman asparagus.

Peserta dituntut untuk praktek pemanenan asparagus yang baik dan benar, selain itu peserta dibekali dengan pemaparan faktor-faktor kegagalan panen, selain akibat serangan hama penyakit, iklim maupun pemeliharaan yang kurang intensif.

Damayanti selaku Pendamping Program KSA berharap dengan adanya kunjungan ini, PM menjadi lebih semangat dan lebih mengerti bangaimana memperlakukan tanaman Asparagus.

“Semoga dengan adanya kunjungan ini ibu-ibu dan bapak-bapak penerima manfaat dapat lebih paham cara penanaman Asparagus yang baik. Kunjungan ini juga menjadi pengalaman bagi peserta pelatihan, sehingga menjadi bekal pada saat budidaya di lahan program Kebun Sayur Asparagus (KSA) Wonosobo”, jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *