LKC DD Jateng, Melayani Sepenuh Hati

Purwokerto-Sejak dibuka 2011 silam, Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) DD Jateng yang berlokasi di Purwokerto sudah melayani ribuan masyarakat dhuafa. Dalam kurun waktu tahun 2014 saja, tercatat sudah lebih dari 5000 jiwa yang mendapatkan pelayanan kesehatan baik kuratif maupun preventif promotif. Klinik gratis untuk dhuafa ini beroperasi di atas rumah wakaf yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Timur Gang Yayasan No 1 Berkoh Purwokerto, prakter dokter umum setiap senin sampai jumat dari jam 08.00 hingga 12.00.

Hingga Januari 2015 sudah ada 3.435 jiwa yang menjadi member LKC DD Jateng. Sistem pasien yang dipakai LKC adalah kememberan, yakni pasien dengan kriteria dhuafa yang sudah disurvei akan diberikan kartu member untuk berobat gratis. Namun demikian, bila ada pasien yang mengaku dhuafa datang untuk berobat meskipun belum memiliki kartu member maka akan dilayani terlebih dahulu, baru setelah itu akan diproses kememberannya.

Untuk jumlah kunjungan pasien sendiri, selama tahun 2014 di angka 1.559 orang dengan berbagai penyakit dan penanganan. Bila pasien perlu dirujuk, maka tim LKC akan mendampingi ke Rumah Sakit sekaligus memberikan advokasi. Tak jarang pula tim LKC juga menemani pasien hingga malam bila pasien tersebut tidak memiliki keluarga terdekat.

Selain aktifitas mengobati, LKC juga aktif memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat untuk hidup sehat dengan berbagai bentuk kegiatan. Kegiatan yang dilakukan antara lain senam lansia, senam ibu hamil, gerakan cuci tangan pakai sabun, penyuluhan HIV AIDS, pengecekan jantung, mendirikan pos sehat, penyuluhan asi, dan lain sebagainya. Harapannya kegiatan-kegiatan tersebut sebagai bentuk pencegahan penyakit dan penyadaran bagi masyarakat untuk memiliki pola hidup sehat.