LKC Dompet Dhuafa Kampanye Kanker Kolon pada Remaja SMA dan SMK Kabupaten Kebumen

LKC Dompet Dhuafa Kampanye Kanker Kolon pada Remaja SMA/SMK Kabupaten Kebumen

Roadshow hari kanker dunia LKC Dompet Dhuafa yang sudah digelar sejak Februari 2018 lalu, dengan berbagai kegiatan kampanye sebagai upaya pencegahan, serta aktivitas skrining sebagai upaya deteksi di beberapa wilayah di Indonesia. Jakarta, Jabar, Jateng dan NTT adalah provinsi yang disinggah untuk campaign Word Cancer Day 2018. DI Jawa Tengah, kota Purwokerto dan Kebumen dipilih sebagai lokasi kampanye dan juga deteksi. Jika di Purwokerto kegiatan telah dilangsungkan 25 Maret silam, dengan melibatkan ratusan wanita untuk kampanye dan deteksi dini Kanker Serviks dan Payudara, maka di Kabupaten Kebumen, menyasar remaja usia sekolah menengah atas.

Menyasar remaja SMA/SMK, roadshow yang rencananya dilaksanakan dua hari (23-24 April) ini megangkat tema Cancer Colon pada remaja. Berdasarkan studi terbaru menunjukkan bahwa orang dewasa yang masih berusia muda pun rentan terkena kanker kolon dan kanker rektum dibandingkan mereka yang sudah tua. Kanker kolon dan rektum adalah kanker yang menyerang usus besar sebagai sistem pencernaan dan berakhir di dubur atau rektum. Sementara itu,para ahli memperkirakan pada tahun 2030, orang-orang berusia 24-30 tahun yang mengidap kanker ini akan meningkat sebanyak 28%, dan pada orang yang berusia 35-49 tahun sekitar 46%.

Hari pertama Kampanye Cancer Colon pada pelajar SMA di Kabupaten Kebumen bertempat di SMK Taman Karya Kebumen diikuti sekitar 200 pelajar. Indah, salah satu pengurus PMR (palang Marah Remaja) mengatakan senag sekali berkesempatan ikut dalam kepanitiaan dan juga kampanye Cancer Colon. Selama ini Indah dan teman-temannya hanya tahu kanker yang sudah jamak familiar ditelinga, namun kini Indah menjadi waspada, karena perubahan gaya hidup ternyata mempengaruhi usia penderita kanker, khususnya kanker kolon dan rektum. Dr.Fajri selaku penanggung jawab penyuluhan mengatakan dirinya bahagia menjadi bagian dari kampanye ini, secara cancer colon masih banyak orang awam yang tidak peduli. Adanya perubahan penderita kanker juga perlu dikampanyekan, apalagi dengan tren perubahan gaya hidup sejak usia remaja.

Yuk cek kembali gaya hidup kita guys, jika belum segera rubah dari sekarang. Gaya hidup sehat, bekal tua nikmat. Cancer Fighter, Yess I Can!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *