Marhaban ya Sahru Ramadhan

kchvls

Alhamdulillah sahabat, Allah kembali mempertemukan kita dengan bulan keindahanNya ini.

Bagaimana puasa pertama anda ??

pada puasa pertama ini, mari kita bahas kiat-kiat memaksimalkan kenikmatan ramadahan selama sebulan.

namun sebelumnya, mari kita identifikasi keutamaan pekan-pekan di tiap bulan ramadhan.

“Ramadhan itu awalnya adalah rahmat, tengahnya adalah maghfirah (ampunan) dan akhirnya adalah pembebasan dari api neraka”

Pada 10 hari pertama di Bulan Ramadan adalah Rahmat. Pada 10 hari itu, banyak sekali rahmat yang diturunkan Allah kepada kita. Oleh krena itu sebaiknya di 10 hari pertama ini, kita byk berdoa dan beribadah kepada Allah agar setiap hari kita berada di dalam rahmatNya.

Kemudian 10 hari kedua di Bulan Ramadhan adalah maghfirah, Pada 10 hari kedua bnyak sekali dosa yg diampunkan bila kita bertaubat. Pada 10 hari kedua hendaklah kita memperbanyak sholat malam, berdoa dan dzikir,serta banyak2 bermuhasabah diri/bertaubat nasuhah. Karena pada sepuluh hari kedua ini adalah kesempatan kita untuk mengurangi dosa-dosa yang sudah kita perbuat. Dan hendaknya kita berdoa dan dzikir untuk memohon ampunan Allah agar di ampuni dari dosa-dosa dan di jauhkan dari siksa api neraka.

Dan sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan adalah penghindaran diri dari siksa api neraka. Sepuluh hari terakhir inilah kesempatan kita untuk menyucikan diri kita dan banyak2 berdoa agar kita senantiasa dihindarkan dari api neraka. Pada 10 hari terakhir ini terdapat pula malam lailatul Qadr, yaitu malam yang lebih mulia dari seribu bulan (QS. Al-Qadr). Oleh karena itu, hendaknya di 10 hari terakhir, kita benar – benar berjuang untuk mendapatkan lailatul Qadr. InshaAllah mudah-mudahan bisa. Dengan memperbanyak dan memperintens ibadah kita, salah satu caranya adalah dengan itikaf dimasjid.

Meski beberapa ikhtilag tentang kedudukan hadis ini, tidak ada salahnya kita memperhatikan keutamaan-keuataan tersebuut sebagai motivasi peningkatan ibadah selama ramadhan.

WaAllahu’alam

selamat menunaikan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainya di bulan ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *