Melatih Jiwa Wirausaha Mahasiswa, Dompet Dhuafa dan IAIN Salatiga Resmikan Kantin Kontainer Keliling

kantin Kontainer Keliling

Jumat (1/3) Dompet Dhuafa Jawa Tengah bersama IAIN Salatiga meresmikan 1 foodtruck untuk program Kantin Kontainer Keliling. Ini merupakan kali kedua program Kantin Kontainer di gulirkan di kampus ini. Namun berbeda dari konsep yang pertama, kali ini foodtruck menjadi konsep mobile kantin yang bisa dibawa kemana-mana mengelilingi area kampus maupun luar kampus.

Berawal dari kekurangannya kantin dikampus IAIN Salatiga yang terbilang sangat luas, tercetuslah ide untuk membuat salah satu program yang juga bisa melatih jiwa wirausaha para mahasiswanya. Program Kantin Kontainer berjalan dari tahun 2017, dikelola oleh 10 mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki semangat berwirausaha. Semua manajemen keuangan kantin kontainer ini sepenuhnya di kelola mahasiswa. Penghasilan yang mereka dapatkan mampu membiayai kuliah mereka dari pengelolaan kantin tersebut.

Chairul Umam, salah satu penerima manfaat Kantin Kontainer yang kini sudah menjadi alumni di IAIN Salatiga mengungkapkan bahwa dari mengelola Kantin dirinya bisa menyelesaikan kuliahnya dan kini dia sedang meneruskan kuliah S2 yang juga biayanya dari hasil mengurus Kantin Kontainer.

“Alhamdulillah dari hasil mengurus kantin saya bisa membiayai kuliah sendiri tanpa sedikitpun meminta dari orangtua. Dan sekarang saya juga sedang melanjutkan studi S2 saya”, jelas Umam yang kini sedang menjalankan S2 Pendidikan Agama di IAIN Salatiga.

Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd selaku rektor IAIN Salatiga menambahkan bahwa dengan program Kantin Kontainer ini mahasiswa dengan latar belakang ekonomi yang kurangpun masih bisa melanjutkan kuliah.

“Kita menyeleksi mahasiswa yang benar-benar kekurangan dalam segi ekonomi namun memiliki semangat belajar yang besar serta mempunyai jiwa wirausaha untuk bisa mengelolan Kantin Kontainer”, ungkap beliau.

Harapannya tidak hanya sampai disini saja program Kantin Kontainer menebarkan kebermanfaatan, terlebih konsep baru sebagai “mobile kantin” yang bisa bergerak meluaskan bentangan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *