Orin dan Semangatnya Meraih Pendidikan

Orin dan Semangatnya

Orin Syamsara merupakan anak kedua dari pasangan Soleman (41) dan Nunung Aswiratun (41). saat ini Orin beserta keluarga mengontrak di sebuah rumah kecil di Daerah Bulu Lor, tepatnya di Jalan Erawati Utara, RT 01 RW 7, Bulu Lor, Semarang. Mereka akhirnya menetap disana setelah sebelumnya sempat berpindah pindah.

Saat ini Orin sedang menempuh pendidikan di SMK N 10 Semarang, dengan mengambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Sebelum Orin juga sempat mengikuti pelatihan kursus menjahit sembari menunggu tahun ajaran baru. Hal ini tidak lepas daripada hobi dan cita-cita Orin yang ingin menjadi seorang desainer.

Di tengah kekurangan yang dialami keluarganya, semangat Orin untuk tetap melanjutkan pendidikan tak pernah surut. Ayahnya hanya bekerja sebagai kuli bangunan yang penghasilannya tidak tetap, sedang sang Ibu menjadi pembantu rumah tangga dengan penghasilan pas-pasan yang hanya cukup untuk makan sehari hari.

Karena kesulitan ekonomi Orin pernah putus sekolah saat lulus SMP, sehingga ia harus menunggu setahun, sebelum akhirnya melanjutkan ke SMK N 10 Semarang. Dalam kegiatan di sekolah pun Orin banyak mengalami kendala terutama saat pelajaran praktek. Kondisi ekonomi keluarganya menjadikan ia tidak mampu membeli laptop sehingga kerap kali ia harus meminjam laptop ke teman ataupun tetangga.

Awalnya Orin sangat ingin masuk ke SMK 10 karena disana ada jurusan yang sesuai dengan passionya yaitu Tata Busana, namun karena beberapa alasan akhirnya Orin harus berbesar hati masuk ke jurusan yang sebenarnya bukan menjadi passionya. Meski begitu semangat Orin untuk melanjutkan pendidikan patut diapresiasi. Selain itu dukungan juga hadir dari sang Ibu yang sangat ingin anaknya tetap sekolah.

Rasa haru Nunung Aswiratun saat tim program memberikan kabar bahwa Orin diterima bersekolah di SMK 10 tak mampu ditutupi. Sejak mengetahui kondiri Orin dan keluarga, tim Dompet Dhuafa (DD) Jateng membantu segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran sekolah Orin.

“Terimakasih untuk Dompet Dhuafa, kalau tidak ada bantuan tim saya tidak akan mungkin bisa sekolah”, ungkap Orin sesaat setelah ia dinyatakan diterima bersekolah di SMK 10.

Rencananya DD Jateng juga akan memberikan beasiswa senilai Rp 250.000 setiap bulannya selama satu tahun. Harapannya beasiswa tersebut dapat menambah semangat Orin untuk tetap belajar dan meraih prestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *