Padmowati, Pekerja Keras untuk Bantu Ekonomi Keluarga

Kelompok Pedagang Makanan Sehat

Kelompok Pedagang Makanan Sehat (KPMS) merupakan sebuah program ekonomi Dompet Dhuafa Jateng (DD Jateng) yang memberikan bantuan modal usaha untuk dhuafa yang kesulitan dalam hal ekonomi namun memiliki semangat untuk berwirausaha. Beberapa penerima manfaatnya kini sudah mampu merubah status ekonomi mereka. Bahkan yang dulunya bergantung dengan rentenir saat kesulitan dalam ekonomi, kini mulai meninggalkan hal tersebut.

Adalah Padmowati (44) seorang ibu rumah tangga dengan 3 orang anaknya yang masih duduk dibangku sekolah. Sementara suaminya hanyalah seorang pekerja honorer di  salah satu sekolah di Semarang. Sebelum akhirnya mendapatkan bantuan ekonomi dari DD Jateng setiap harinya Ibu Padmowati bekerja sebagai penjajak jajanan keliling, aktifitas tersebut ia lakukan setiap pagi hari dari jam 06.00-10.00.

Sosoknya yang pekerja keras nampak dari raut muka dan gestur tubuh yang lincah. Demi membantu ekonomi keluarga, berjualan apa saja sering ia lakukan. Mulai dari jualan aneka jajanan dan gorengan di pagi hari sampai jualan buku/kitab yasin, al-barzanzi, dan iqro di tetangga sekelilingnya.

Mendapat bantuan gerobak dan modal usaha dari Dompet Dhuafa Jateng membuatnya sangat bersyukur. Pasalnya ia bisa menambah penghasilan yaitu dengan berjualan tahu mercon di sore hari hingga menjelang malam. Bantuan gerobak dan modal usaha program KPMS ini ia rasakan sangat bermanfaat. Terlebih ketiga anaknya yang masih bersekolah semua tentunya membutuhkan banyak biaya.

Aktif di pengajian ibu-ibu di lingkungannya juga membuat Ibu Padmowati mudah mempromosikan usaha barunya yaitu tahu merchon dan sosis bakar.

“Saya sangat senang sekali mas dibantu seperti ini, smoga Dompet Dhuafa semakin banyak memberi manfaat mas pada yang lain” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *