Posko Medis Mobile LKC Sasar Kelompok Rentan

200c928e-c9ed-4381-9a9a-ff2cc7442c24

Purwokerto-Seiring bertambahnya kasus terkonfirmasi positif covid 19 di Kab. Banyumas, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa melalui Tim Posko Medis Mobile melakukan sejumlah layanan screening kesehatan pada masyarakat rentan, lansia, balita, dan orang dengan faktor resiko tinggi penyakit tidak menular (PTM) seperti pengidap hipertensi, diabetes melitus, obesitas, maupun perokok aktif. Layanan menyasar wilayah RT-RW yang melakukan karantina masal mandiri karena adanya kasus positif covid 19 diantaranya RT 06 RW 04 Kel. Kober, Kec. Purwokerto Barat, Kab. Banyumas.

Pihak Keluarahan menyambut antusias karena adanya kesulitan warga untuk mengakses fasilitas kesehatan, dengan adanya karantina seluruh warga RT ini. Suryati (47) misalnya, selama ini menderita hipertensi , namun karena adanya karantina dirinya kesulitan mengakses layanan kesehatan. Dengan adanya tim medis yang membuat posko mobile seperti ini, kelompk masyarakat rentan dan memiliki resiko tinggi terutama penyakit tidak menular, dapat mengelola faktor resikonya dengan baik.

Hasil posko medis mobile pada Senin (4/5) kemarin terscreening 43 jiwa dari wilayah yang dikarantina. Warga yang mendatangi posko medis mobile didominasi oleh lansia dengan riwayat hipertensi dan diabetes mellitus, ungkap salah satu tim medis mobile Arif Wijianto, A.Md, Kep, CWCCA. Selain screening, tim juga melakukan kegiatan promosi kesehatan secara individu kepada pasien yang datang.

Saat ini sebaran kasus positif covid 19 di Kab. Banyumas mencapai 45 kasus dengan jumlah di rawat di RS 34 orang, meninggal 3 orang serta 8 orang dinyatakan sembuh. Terapkan pola hidup bersih dan sehat dimanapun, menggunakan masker menjadi hal wajib yang harus diterapkan sekarang ini. Semoga pandemi ini segera berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *