RAMADHAN TERAKHIR DI TAMBAKREJo

Ramadhan Terakhir di Tambakrejo

“Kami tak butuh uang ataupun hadiah kak, kami butuh rumah”

ungkapan polos dari anak-anak Tambakrejo yang harus merelakan rumah mereka, tempat bermain mereka hilang rata oleh tanah. Mungkin masih membekas diingatan mereka saat alat besar itu menghancurkan rumah mereka. Diantara bocah-bocah kecil ini, tak sedikit dari mereka yang menangis saat melihat secara langsung dihadapan mereka bangunan-bangunan dirobohkan.

Melihat hal ini relawan Dompet Dhuafa Jateng berinisiatif untuk mengadakan PFA atau yang biasa dikenal dengan Trauma Healing (10/5). PFA atau Psikologikal First Aid yaitu kegiatan supportif dan manusiawi berupa dukungan sosial, emosional, atau praktis yang diberikan terhadap seseorang yang mengalami peristiwa krisis. Hal ini dilakukan karena dalam bencana tidak hanya menyebabkan luka secara fisik, tetapi juga secara emosional.

Demikian juga senada dengan yang diungkapkan oleh Rexy Prayogi, Koordinator Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Jawa Tengah. “PFA sangat dibutuhkan untuk anak-anak yang terdampak dari penggusuran ini. Dalam segi moril materil sudah banyak sumbangsih dari komunitas lain. Akan tetapi untuk PFA sendiri, masih jarang. Oleh karenanya kami berinisiatif untuk mengadakan PFA ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *