Relawan DD Jateng Bagikan Masker di Johar

Kebakaran yang melanda Kawasan Pasar Johar dan Yaik pada sabtu 9 Mei lalu menghanguskan kurang lebih 4700 kios pedagang atau sekitar 2/3 kawasan Pasar Johar dan Yaik Semarang. Ditaksir kerugian materi akibat kebakaran tersebut mencapai 60 miliar, sedangkan kerugian barang dagangan mencapai 300 miliar.

Selain kerugian materi dan barang dagangan, kebakaran yang melanda pasar johar juga mematikan sebagian besar aktifitas ekonomi di kawasan johar. Akan tetapi beberapa diantara mereka nekad untuk menggelar lapak di trotoar jalan, karena itu adalah satu satunya mata pencaharian mereka, “kalau ngga jualan, keluarga di rumah makan apa mas”, ungkap salah satu pedagang.
Ibu Muslih mengungkapkan, mereka nekad berjualan karena harus mencari rizki sambil menunggu kejelasan akan rencana relokasi. Pada hari-hari biasa ibu Muslih berjualan buah di pasar johar utara, tetapi kios dagangannya menjadi salah satu korban si jago merah yang melanda kawasan johar.

Dompet Dhuafa Jawa tengah (DD Jateng), dengan relawannya yang beranggotakan mahasiswa melakukan aksi pembagian masker bagi warga yang masih berkegiatan di lokasi kebakaran pada kamis 14 Mei. Selain itu DD Jateng juga berencana menggulirkan Program Ekonomi bagi pedagang kecil. Insya Allah kami akan membantu beberapa pedagang kecil yang sekiranya membutuhkan bantuan, kalau pedagang besar kan, biasanya juga mempunyai toko ditempat lain, nah kalau pedagang kecil ya barangnya cuma itu itu aja” Ungkap Ainu Rofik manager program DD Jateng.

Relawan DD Jateng Bagikan Masker di Johar
Relawan DD Jateng Bagikan Masker di Johar