Secercah Senyum di Payungan

THK 2018

Dompet Dhuafa (DD) Jawa Tengah (Jateng) masih terus memaksimalkan hari-hari tersisa untuk mendistribusikan hewan kurban melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) di beberapa pelosok wilayah Jawa Tengah. Jumat (24/8), selain pemotongan hewan Kurban dilakukan di Wilayah Kudus dan Demak, DD Jateng juga melakukan pemotongan hewan kurban 4 ekor kambing di Kelurahan Payungan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang. Payungan merupakan wilayah Kabupaten Semarang yang sudah berbatasan langsung dengan Kabupaten Boyolali dan Salatiga.

Pada awalnya hewan tersebut hanya akan di berikan untuk satu dusun, yakni dusun Nanggulan, Kelurahan Payungan. Namun, kemudian di bagi masing-masing 2 ekor untuk Dusun Nanggulan dan Dusun Randusari. Dua Dusun tersebut tercatat sangat sedikit dilakukan penyembelihan hewan kurban karena faktor ekonomi dan kesadaran untuk berkurban masyarakat yang masih cukup rendah.

Menurut Bapak M. Sholeh selaku takmir masjid Rhoudhotul Nasri, terhitung hanya ada 6 ekor kambing pada moment Idul Adha tahun ini yang kemudian harus di bagi ke sekitar 100 Kepala Keluarga (KK) warga disana, sehingga jumlah masing-masing KK tidak lebih hanya mendapatkan 700gr daging.

“Terima kasih sekali kami ucapkan kepada Dompet Dhuafa Jawa Tengah yang sudah menyediakan hewan kurban untuk warga kami. Hampir tiap tahun kami hanya memotong beberapa ekor kambing kurban dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan semua warga di daerah kami. Semoga semakin lama kesadaran untuk berkurban di tempat kami semakin tinggi dan tahun depan Dompet Dhuafa berkenan untuk bisa melakukan program yang sama di tempat kami,” ujar pak Sholeh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *