Sedekah agar Hidup Berkah

Menjalani hidup yang penuh dengan keberkahan adalah impian setiap Muslim. maka dari itu setiap individu selalu berlomba-lomba mengusahakan agar hidup mereka menjadi berkah. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan diri kita seorang yang DERMAWAN.

Derngan menjadi dermawan, umat Muslimberpotensi akan mendapatkan pahala. Bersedekah misalnya, akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Allah SWT telah menjanjikan akan dilipatkan pahala bersedekah hingga 700 kali lipat. Melakukan sedekah juga memberikan banyak manfaat, baik ke pihak pemberi sedekah maupun penerima sedekah.

Anjuran bersedekah ditujukan kepada semua orang. Baik yang sehat, yang sakit, yang berhutang, yang memiliki keluasan rezeki, yang miskin, dan semuanya. Jadi jika ingin meraih kesuksesan dunia dan akhirat maka bersedekahlah dan yakinlah Allah SWT akan menggantikannya dengan yang lebih baik.

Zakat, Infaq, dan Sedekah memiliki persamaan, yakni berkontribusi pada pengikisan kemiskinan. Dari segi hukum, zakat bersifat wajib, sedangkan infak dan sedekah sunah. Infak dan sedekah tidak mempunyai nisab. Berbeda dengan zakat yang mempunyai nisab.

Dalam hadist Rasul menyebutkan, sedekah juga dapat menghapus dosa dan kesalahan, melancarkan bisnis, dan menjadikan harta terus berkah dan berkembang. Hal ini seperti ditegaskan dalam firman-Nya pada surat As-Saba’ ayat 39. Dengan melakukan sedekah pula, pintu surga akan terbuka.

Pahala sedekah akan terus mengalir meski pemberinya telah meninggal. Diantaranya sedekah membagikan mushaf, sedekah pembangunan masjid, atau rumah.