Selain Buncis Bayi, Kebun Sayur Asparagus Siap Tanam Jenis Sayur Lainnya

Kebun Sayur Asparagus siap Tanam Jenis Sayuran Lainnya

Memasuki periode tanam kedua setelah dimulainya program Kebun Sayur Asparagus (KSA) di Wonosobo selama 5 bulan, kini kegiatan budidaya sayuran pendamping terus mengalami perkembangan.

Salah satunya adalah dengan memperbanyak variasi sayuran yang dibudidayakan diantaranya yaitu Kubis varietas green Sharira, Buncis Bayi varietas Kenya dan Prancis, Buncis Super varietas Krisna, Tembakau, Kedelai Edamame, Cabai, Tomat, Seledri, Caisim dan Marokot.
Keberagaman jenis sayuran tersebut sebagian berasal dari penerima manfaat (PM) dan bertujuan untuk menambah pengalaman dalam budidaya sayuran.

Keberhasilan petani ditunjang salah satunya dengan sistem pertanian multicropping yaitu penanaman lebih dari satu jenis tanaman dalam satu lahan budidaya. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penurunan harga panen pada sebagian komoditas, sehingga komoditas lain dapat memberikan tambahan penghasilan PM.

Sistem tersebut diharapkan pula dapat memberikan wawasan baru untuk PM dalam melakukan strategi budidaya tanaman secara lebih efisien. Salah satu yang dilakukan adalah penanaman tembakau di tepi lahan yang menjadikan lahan dapat berproduksi secara optimal.

KSA Siap Tanam Sayur Lainnya

Kesadaran penerimaan teknologi oleh PM akan terus diupayakan dalam membangun pertanian yang dapat menyejahterakan keluarga PM, masyarakat sekitar dan kedepannya bisa menjadi kawasan sadar wisata. Hal tersebut dilakukan secara bertahap dengan pengembangan kemampuan PM dalam mengelola lahan, sumber daya manusia dan komunikasi dengan berbagai stakeholder.

Adapun hal terpenting setelah pengenalan akan sistem budidaya multicropping yaitu sistem pemasaran, menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Dompet Dhuafa (DD) Jateng.

Damayanti, Pendamping Program Kebun Sayur Asparagus berharap semoga upaya yang sudah dilakukan akan terus memberikan kebermanfaatan bagi berbagai pihak, sehingga tujuan pemberdayaan petani dhuafa dapat dicapai dengan sebaik-baiknya.

“Tujuan program Kebun Sayur Asparagus ini adalah pemberdayaan petani dhuafa yang ada di sini. Semoga apa yang kita semua upayakan dapat terus memberikan kebermanfaatan baik untuk masyarakat sekitar maupun dari PM sendiri”, jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *