Semarang Hebat punya Rencana Strategis dan Tata Nilai Sekolah

WhatsApp Image 2020-02-10 at 16.23.46 (1)

 

Kota Semarang- Senin, 10 Februari 2020 Pelatihan Rencana Strategis dan Tata Nilai Sekolah dilaksanakan di Aula Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Kegiatan berlangsung pukul 09.00 hingga 15.30 WIB. Peserta yang hadir adalah Kepala Sekolah/Madrasah dampingan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) yang berjumlah 11 orang beserta 2 guru perwakilan setiap sekolah/madrasah. Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui alur perencanaan strategis sekolah. Mampu membuat Analisis SWOT, Visi, Misi, Tujuan, Indikator, Program Kerja hingga Tata Nilai Sekolah dengan tepat. Pemateri pada Pelatihan Rencana Strategis (Renstra) adalah KAWAN Putri, sedangkan Tata nilai Sekolah adalah KAWAN Yuyun dan ditemani KAWAN Husni.

Pelatihan dimulai dengan kegiatan ice breaking oleh Ibu Maskhanah (Kepmad MI Addaenuriyah) menyanyikan lagu topi saya bundar, semua peserta mengikuti dengan senang dan semangat. Selepas itu, kegiatan Pelatihan Renstra dimulai.

KAWAN Putri mengawali pelatihan dengan menunjukkan gambar kereta, lalu KAWAN Putri meminta tanggapan dari peserta mengenai gambar tersebut bila dihubungkan dengan pelatihan Renstra.

“Dilihat dari gambar hubungan kereta dengan Restra adalah untuk mencapai tujuan harus selalu bergandengan.” Ungkap Pak Kusnandar, Kepala Sekolah SDN Rowosari 02.

Banyak peserta menjawab dengan tepat bahwa setiap dari kita pasti memiliki tujuan, dan harus di capai melalui proses. Sama hal nya dengan Rencana Strategis Sekolah yang harus dibuat agar mampu mencapai tujuan dan mimpi-mimpi sekolah yang ingin di capai.

Selanjutnya, KAWAN Putri membagi peserta ke dalam 6 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari dua sekolah yang bergabung.

Kelompok 1 yaitu SDN Bulusan dan SDN Tandang 04 (Sandang)

Kelompok 2 yaitu SDN Kramas dan SDN Rowosari 02 (Krawu)

Kelompok 3  yaitu SDN Sambiroto 03 dan SDN Mangunharjo (Saman)

Kelompok 4 yaitu MI Husnul Khatimah dan MI Baiturrahim (Khoir)

Kelompok 5 yaitu MI Mangunharjo dan MI Miftahul Ulum 01 (Mangunkarso)

Kelompok 6 yaitu MI Miftahul Ulum 02 dan MI Addaenuryah (Mifda)

Kemudian masing-masing kelompok diberikan amplop berisi alur Renstra. Setiap kelompok di tugaskan menyusun alur Renstra dengan tepat dan ditempel di kertas HVS yang sudah disedikan. Dari ke-enam kelompok, ternyata hanya satu kelompok yang berhasil menyusun alur Renstra dengan tepat yaitu Kelompok Mangunkarso.

“Bapak Ibu, ternyata hanya satu kelompok yang mampu menyusun alur Renstra dengan tepat. Nah, pelatihan Renstra ini semoga bisa bermanfaat nantinya untuk kita semua.” Ungkap KAWAN Putri

WhatsApp Image 2020-02-10 at 16.23.47

Setelah peserta mengerti alur dari Renstra, KAWAN Putri mengajak peserta untuk kembali menyusun kalimat pada analisis SWOT, semua kelompok antusias untuk menentukan kalimat tersebut dalam sebuah kotak berisikan Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Hambatan.

Setelah semua menyusun, ternyata hanya ada dua kelompok yang mampu menyusun dengan tepat. Semua peserta tertawa, dan sangat senang mengikuti praktik ini. Selanjutnya semua kelompok langsung membuat Analisis SWOT, Visi, Misi, Tujuan, Indikator hingga Program Kerja.

Tak lupa ketiga KAWAN mendampingi dan memberikan arahan kepada para peserta mengenai Renstra yang telah dibuat. Setelah Renstra selesai, dilanjutkan materi Tata Nilai oleh KAWAN Yuyun. Peserta diminta untuk membuat Nilai-nilai yang akan dijadikan pedoman bagi warga sekolah/madrasah.

Beberapa Tata Nilai yang sudah dibuat oleh masing-masing sekolah dan madrasah. Contohnya: SDN Kramas memiliki Tata Nilai Sekolah yaitu “Sonya Berhijab” (Sopan, Nyaman, Bersih, Hijau, dan Tanggungjawab). Lalu, MI Miftahul Ulum 02 yaitu “AMAN” (Akhlaqul Kharimah, Mandiri, Asri, dan Nasionalisme).

“Matur nuwun mbak-mbak KAWAN SLI, pelatihan hari ini sangat berkesan bagi saya dan sangat membantu untuk merevisi Renstra Sekolah juga membuat Tata Nilai Sekolah.” Ungkap Pak Zuhri, MI Mangunharjo.

Penulis : Putri Ria Utami (KAWAN SLI Kota Semarang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *