Siap Berdayakan Masyarakat Kumesu, Dompet Dhuafa Resmikan Rumah Bude

Badan Usaha Desa Dompet Dhuafa

BATANG- Sabtu (14/9) bertempat di Desa Kumesu, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, program baru Dompet Dhuafa yang diberi nama BUDE kepanjangan dari Badan Usaha Desa diluncurkan. Program ini diresmikan langsung oleh Ketua Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi beserta pemerintah Kabupaten Batang.

Beliau menjelaskan bahwa Program Badan Usaha Desa (BUDE) adalah salah satu program unggulan divisi ekonomi Dompet Dhuafa dalam hal menumbuhkan perekonomian masyarakat berbasis potensi desa. Dimana kelompok masyarakat difasilitasi untuk berkembang melalui wadah badan usaha yang dikelola oleh masyarakat desa didampingi Dompet Dhuafa.

“Kita memilih wilayah ini karena memiliki potensi untuk budidaya jamur. Kita juga akan bantu memasarkan produk hasil pemberdayaan desa ini melalui jaringan digital yang kita punya seperti Tokopedia, Bukalapak”, kata Parni Hadi

Pada fase awal ini, sebanyak 10 orang penerima manfaat program ini akan mengelola Sentra Jamur, mulai dari segi budidaya hingga penanganan pasca panen. Selain itu, mereka juga difasilitasi untuk mengolah produk hasil pertanian desa untuk dijadikan produk-produk UMKM yang siap dipasarkan. Dompet Dhuafa di fase ini memberikan dukungan berupa Rumah BUDE (Sekretariat), Sentra Jamur Bude, modal usaha, dan juga pendampingan program.
Rumah BUDE dibangun dengan konsep rumah sehat ramah gempa.

“BUDE ini tidak hanya mengelola dan mengembangkan Sentra Jamur saja. Namun akan menjadi rumah yang menampung produk-produk yang dihasilkan oleh desa baik itu produk pertanian, peternakan maupun produk lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan”, terang Satria Nova, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jateng.

Selain 10 penerima manfaat yang mayoritas adalah ibu-ibu janda dan dhuafa, kedepannya program BUDE ini juga akan melibatkan pemuda-pemuda desa, serta masyarakat desa dhuafa lainnya dalam mengelola dan mengembangkan Badan Usaha Desa ini dengan skema koperasi.

Tidak hanya memberdayakan, Rumah Bude ini juga bisa menjadi sarana edukasi baik untuk pelajar maupun masyarakat umum dalam hal budidaya dan pengolahan jamur tiram beserta komoditas pertanian lainnya. Rumah BUDE dibangun oleh Dompet Dhuafa dengan konsep rumah sehat ramah gempa

Program BUDE di Batang ini akan dijadikan pilot projek, yang nantinya akan dikembangkan di wilayah lainnya di Indonesia. Selain meresmikan program BUDE, pada kegiatan ini juga diisi dengan pentas kesenian dari masyarakat lokal Batang. Ada juga Aksi Layanan Sehat dari LKC Jateng yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *