Tebar Hewan Kurban: Tidak Hanya Mendistribusikan Kurban, Namun Juga Memberdayaan Kelompok Peternak Lokal

Sejarah THK

Sejak tahun 1994, Dompet Dhuafa telah menghadirkan program Tebar Hewan Kurban yang menyebarkan hewan kurban ke berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di perkotaan, namun program THK juga tersebar hingga ke pelosok desa dan masyarakat terpencil. Pertama kali, program ini bernama Menebar 999 Hewan Kurban dan di tahun 1998 berubah nama menjadi Tebar Hewan Kurban.

Program ini berawal dari cita-cita mendistribusikan berkah hewan kurban ke daerah-daerah terpencil melalui pemberdayaan kelompok peternak lokal yang mandiri. Hadirnya program ini membuat masyarakat yang membutuhkan dapat merasakan kelezatan daging kurban.

Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa hingga kini masih terus berjalan berkat dukungan dan kepercayaan sahabat yang telah menyalurkan bantuan kurban melalui Dompet Dhuafa. Di tahun 2017, hewan kurban tersebar di 1310 Desa, 455 Kecamatan, 118 Kabupaten, dan 19 Provinsi di Indonesia. Selain itu, tersebar juga manfaat hewan kurban di beberapa negara seperti : Filipina, Myanmar, Timor-Timor, dan Palestina. Alhamdulillah, sebanyak 683.760 jiwa dapat merasakan manfaat dari kurban yang sahabat salurkan.

Di Jawa Tengah Sendiri di tahun 2017, 6436 jiwa telah merasakan nikmatnya daging kurban yang hanya bisa mereka dapatkan satu tahu sekali. Sebanyak 137 hewan telah didistribusikan ke 10 Kabupaten atau Kota, 17 Kecamatan dan 21 Desa di Jawa Tengah.

Sebentar lagi, ibadah kurban kembali akan dilaksanakan. Sudah menyiapkan untuk kurban terbaik di tahun ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *