Tidak Perlu Masal, Program Layanan Khitan Setiap Hari

Tidak Perlu Masal, Program Layanan Khitan Setiap Hari

Dany Andre Putra (9), melangkah dengan gagah ketika datang ke Praktek Dokter Keluarga Gerai Sehat Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa, Jumat pagi (18/10). Diantar ibu dan bude serta tiga teman bermain, Dany akan melaksanakan khitan. Kurang dari dua puluh menit, proses khitan sudah selesai. Tidak ada tangisan maupun rengekan dari Dany, karena menurut ibunya (Warsiah) keinginan Dany untuk dikhitan sudah lama. “Dany nyuwun sepit sampun dangu, tapi kulo kalih bapake mboten gadeh arto (Dany meminta khitan sudah lama, tapi saya dan ayahnya tidak memiliki uang-red)”. Ungkapnya.

Arif Wijianto, Penanggung Jawab Gerai Sehat menyatakan layanan khitan bagi keluarga dhuafa sudah menjadi program reguler yang dilayani setiap hari, tanpa menunggu massal dibulan tertentu. Tujuannya agar moment sekali seumur hidup ini menjadi kenangan yang baik, serta memberi kemudahan bagi penerima manfaat, tentunya selain faktor kesehatan dan menunaikan kewajiban (bagi muslim). Bagi non muslim dan mualaf kami juga melayani khitan anak serta dewasa (mualaf). Prinsipnya dari keluarga dhuafa pasti akan dilayani, ungkap Wiji.

Beberapa persayaratan untuk mendapatkan layanan khitan bagi keluarga tidak mampu, datang untuk mendaftar dengan membawa fotocopy KK, KTP orang tua, surat keterangan tidak mampu. Calon penerima manfaat datang langsung untuk dilakukan screening sebelumnya, serta melihat kondisi kesehatan calon peserta. Jika sudah dinyatakan sehat dan siap, keluarga dan petugas menentukan hari dan jam khitan.

Selain mendapatkan layanan khitan, penerima manfaat juga mendaptkan bingkisan berupa paket baju koko dan sarung, jajan sehat serta bingkisan paket sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *