Uniknya Pesta Literasi SLI Semarang

Uniknya Pesta Literasi SLI Semarang

“Menumbuhkan Semangat Berliterasi Melalui Eksplorasi Budaya dan Sejarah” adalah tema yang dipilih oleh Kawan SLI penempatan Kota Semarang dalam kegiatan mengisi masa liburan sekolah. Pesta yang merupakan aktivitas bersuka ria, kini dihadirkan berbeda oleh Konsulatan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (Kawan SLI), pesta disandingkan dengan literasi, adalah cara berbahagia unik yang sarat makna, bersuka cita dengan santapan keilmuan, bergembira dengan kompetisi karya, dalam hal ini adalah kegiatan pesta literasi yang dilaksanakan di Museum Ranggawarsita, Senin 17 Desember 2018.

Pengalaman berliterasi berbeda dihadirkan untuk anak-anak dan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah dampingan SLI Semarang, rangkaian pesta literasi mengajak anak-anak bergembira ria dengan menciptakan yel-yel kelompok, menonton Film animasi 3D, berkeliling museum sembari mengikat ilmu dengan mencatat informasi yang dituturkan pemandu, kemudian membubuhkan kesan dari aktivitas Eksplorasi Budaya dan Sejarah di Museum Ranggawarsita yang dianggap paling menarik. Lomba jurnalis dan reporter cilik, juga lomba true fals literasi game membuat semakin meriah acara pesta literasi ini.

Kegiatan ini diikuti puluhan peserta, masing-masing sekolah dampingan Dompet Dhuafa, Sekolah Literasi Indonesia (SLI), Kota Semarang, mengutus 5-8 siswa serta 1 guru pendamping untuk berpartisipasi dalam kegiatan pesta literasi ini. Anak-anak mengaku senang dan mendapatkan pengalaman baru. Siswi MI Gisikdrono, Aisyah mengaku senang mengikuti kegiatan ini “Saya senang ikut pesta literasi, karena dapat pengalaman baru” ungkapnya. Sependapat dengan hal itu salah seorang guru menimpali, “Rangkaian acaranya menarik.” Kata Bu Yuyun guru pendamping utusan MI Al-Amin.

Liburan sekolah telah tiba, bukan berarti siswa-siswi libur juga untuk belajar. Seperti Tagline yang digaungkan dalam acara pesta literasi ini, ketika disebutkan “kenapa kita di sini?” Peserta menjawab dengan lantang penuh semangat “Kami memburu Ilmu!” Semoga semangat berliterasi terus tumbuh dalam diri peserta, serta dapat menularkan pada teman-temannya. (Oleh: Luthfia Azmi & Maria Ulfah)

———
Penulis adalah Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (Kawan SLI) pnempatan Kota Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *