Warga Terdampak Banjir Purworejo Derita Tinea Pedis

Warga Terdampak Banjir Purworejo Derita Tinea Pedis

Banjir yang melanda Kabupaten Purworejo Jawa Tengah sejak Ahad (17/03) kemarin membuat warga Desa Karangsari, Kec. Purwodadi antusias datang ke kompleks Masjid Al Istidlal. Pasalnya setelah dua hari wilayah ini terendam banjir yang cukup parah, penyakit kulit mulai diderita warga. Warga secara tertib mengikuti pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan oleh LKC Dompet Dhuafa Jateng dan BMT Binamas Purworejo. Selain Posko Kesehatan, Pos Hangat juga didirikan oleh DD Jateng.

Koordinator Program Kesehata LKC Dompet Dhuafa Jateng, Ns, Aan Julianto, S.Kep mengungkapkan, mayoritas warga terkena Tinea Pedis. Tinea Pedis yaitu infeksi jamur yang menimbulkan gejala berupa ruam bersisik dan terdapat pada sela-sela jari kaki.

“Alhamdulillah kegiatan Aksi Layanan Sehat berjalan lancar, mayoritas warga tekena Tinea pedis akibat kaki yang terendam genangan air kotor. Selain itu, beberapa warga mengeluh diare dan batuk pilek. Insya Allah setelah acara ini , LKC Dompet Dhuafa Jateng akan kembali mengunjungi beberapa titik yang terdampak banjir” ungkap Aan.

Daryati, Warga Karangsari mengungkapkan senang karena bisa berobat setelah kakinya mulai terasa gatal dan panas bebebrapa waktu ini

“Alhamdulillah bersyukur dengan adanya kegiatan pengobatan ini. Jadi warga yang sakit setelah banjir ini bisa segera berobat” ungkapnya

Ratusan warga datang ke Posko Kesehatan yang didirikan sejak semalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *