Zakat Bonus Akhir Tahun

Bonus

Banyak yang menanyakan, terutama bagi para karyawan yang di perusahaannya ada bonus di akhir tahun. “Apakah bonus akhir tahun perlu dikeluarkan zakatnya?”. Pertanyaan ini selalu muncul di setiap penghujung akhir tahun tiba.

Menanggapi pertanyaan tersebut, maka dalam tulisan ini akan dijelaskan mengenai zakat dari bonus akhir tahun maupun bonus-bonus lainnya yang didapatkan karyawan baik karena prestasi maupun memang sudah menjadi kebijakan rutin dari perusahaannya.

Bonus dikategorikan dalam penghasilan sehingga mengikuti aturan dalam kaidah zakat penghasilan. Maka, perhitungannya pun seperti zakat penghasilan. Sederhana saja perhitungannya, bila akumulasi bonus dan gaji mencapai nishab, maka wajib dikeluarkan zakatnya.

Berapa Nishabnya?

Nishabnya adalah mengikuti zakat penghasilan, yakni senilai 522 kg beras. Bila harga beras Rp 10.000/kg maka nishabnya sebesar Rp 5.220.000. Jadi, bila gaji dan bonus yang didapatkan jumlahnya senilai Rp 5.220.000 atau lebih, maka sudah wajib dikeluarkan zakatnya.

Berapa zakatnya?

Zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari total akumulasi gaji dan bonus yang didapatkan. Apabila ada hutang, maka dibayarkan dulu hutangnya, baru dikeluarkan zakatnya.

Mari kita simak simulasinya.

Gaji : Rp 5.000.000

Bonus : Rp 3.500.000

Maka total penghasilan yang didapatkan adalah Rp 8.500.000.

Apakah sudah wajib dikeluarkan zakatnya? Jawabnya iya, karena sudah melebihi nishab (Rp 5.220.000).

Zakat yang harus dikeluarkan adalah :

2,5% x Rp 8.500.000 = Rp 212.500

Mudah bukan?

Zakat penghasilan dikeluarkan setiap saat menerima penghasilan maupun bonus, dan sebelum digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga penghasilan yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari sudah bersih dan suci.

Mari, segera tunaikan kewajiban kita untuk membayar zakat. Bayarkan zakat Anda melalui Dompet Dhuafa agar bisa dikelola menjadi program-program yang berdaya guna untuk mustahik.

Silahkan klik tombol ZAKAT SEKARANG di bawah untuk berzakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *